Jumat, 09 Mei 2014

MOMWRITER'S DIARY, menjawab semua pertanyaanmu akan dunia kepenulisan ^^

Berikut ini, aku berikan cuplikan-cuplikan kalimat yang kutulis dalam buku Momwriter's Diary ya.
Buku ini bukan buku teori menulis, bukan buku yang mengajarimu untuk membuat tulisan ini dan itu. Tapi buku ini berusaha menjawab semua pertanyaan dan kegalauanmu untuk menjadi seorang penulis. Dan semuanya kujawab berdasarkan pengalaman pribadiku.

Yuk, baca kutipan-kutipannya ^^


"Dalam hal ini, aku belajar sesuatu. Ternyata, penerbit itu tidak peduli apakah kita ini seorang maestro atau pemula. Mereka bahkan mungkin tidak peduli, siapa namamu dan jenis kelaminmu. Mereka hanya memedulikan naskahmu. Baguskah naskahmu? Apakah nantinya akan laku di pasaran? Itulah sebabnya sampai sekarang, aku sering menasihati teman-teman pemula yang masih maju mundur saat hendak menawarkan naskah ke penerbit."


"Jangan bingung. Saranku, gunakan hati dan akal sehat. Dari situ kita bisa memilah, mana menulis yang murni untuk mencari nafkah, dan mana yang hanya untuk bersenang-senang dan berbagi. Sampai sekarang, jangan salah, aku pun masih bersenang-senang dengan tulisan-tulisanku yang tidak kujadikan uang. Caranya? Hanya aku dan Tuhan yang tahu."


"Jika kita hanya mampu comot sana comot sini, mengekor sana mengekor sini, layakkah kita menganggap diri kita ini penulis? Apakah tidak ada suara hati yang berbisik, memberitahu bahwa kita telah melakukan hal yang salah? Sekali dua kali khilaf, itu wajar. Manusia adalah tempatnya khilaf. Tapi berulang kali?"


"Kurasa, di dunia penulisan ini sebaiknya sesama penulis harus saling membantu, bukannya saling bersaing. Kalau kita memang tahu bahwa teman yang memiliki potensi untuk menggarap naskah tertentu dan tahu bahwa penerbit A sedang membutuhkannya, kenapa kita tidak menjembatani mereka?
Ingat, hidup ini seperti cermin. Jika kita tersenyum padanya, maka ia pun akan tersenyum pada kita. Setuju? Setuju dong, pendapat orang cantik harus disetujui. Hehe…"


"Ingat, roda itu berputar. Penerbit yang dijelek-jelekkan, suatu saat bisa bangkit. Saat mereka bangkit, akankah mereka menghubungimu jika kamu pernah membullynya habis-habisan di hadapan khalayak?"

 

"Kita bisa memulainya dengan berpikir sederhana. Mencari ide, tidak perlu berpikir sampai ke langit ketujuh. Membayangkan sesuatu yang ada di awang-awang,  lama-kelamaan  akan membuat kita tertekan. Tulislah dulu apa yang ada di hadapan dan di pikiran kita. Tulislah saat itu juga. Pandanglah lurus ke depan. Ada apa di sana? Lihat, rasakan, dengarkan, hirup aromanya. Lalu tuliskan!"

"Kita hanya bisa mengendalikan diri kita sendiri, bagaimana sikap kita terhadap perilaku mereka. Dunia penulisan memang kadang kejam. Tetapi, seperti cermin, jika kita rajin tersenyum maka dunia pun akan tersenyum pada kita. Mari berkepala dingin. Mengalah bukan berarti kalah.  Baca lagi komentar pedas, kritik yang menyakitkan, dan lain-lain.  Pikirkan baik-baik. Pasti ada “sisi baik” yang ditawarkan oleh aneka kritikan itu."

"Coba bayangkan, kalau dalam sehari aku menulis satu cerita atau satu artikel, dalam setahun aku punya berapa? Kalau ada penerbit yang meminta naskah padaku, bukankah aku tinggal membuka folder-ku dan melihat apakah ada yang cocok? Jika ada lomba yang menggiurkan, bukankah aku tinggal melongok isi folder-ku juga? Kalau tidak ada yang cocok dan dealine-nya terlalu ketat, ya tidak usah ikut lomba."

Cukup ya, kutipan-kutipannya ^^

Oya, buku ini diselingi oleh komik-komik lucu yang menggambarkan keseharianku bersama keluarga dan lingkungan sekitarku.  

 





8 komentar:

  1. Balasan
    1. Yeee, saya mah ngeblog udah dari jaman MP duluuuu.

      Hapus
  2. hem ada blog yang versi lain ternyata hehhee

    BalasHapus
    Balasan
    1. Maksudnya blog versi lain, apa? Aku cuma punya satu blog ini aja kok ^^

      Hapus
  3. Aa makin ga sabar pengen punya bukunya :3

    BalasHapus
  4. Wah..harus punya bukunya nih..biar nggak maju mundur lagi kalau mau ngajuin naskah ke penerbit..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sip, sekarang udah bisa dibeli di semua toko buku Gramedia kok. Harganya 33ribu ^^ Beli ya.

      Hapus

Happy blogwalking, my dear friends ^^