Kamis, 08 Oktober 2015

10 Nilai Kebajikan yang ada di Dongeng/Cerita Rakyat Indonesia

Saya cukup terkejut ketika seorang teman bercerita, bahwa guru di sekolah anaknya, melarang adanya buku cerita rakyat alias dongeng nusantara di perpustakaan sekolah.
Wow!
Antara takjub dan gemes deh saya, apalagi mendengar alasannya. Konon, dongeng nusantara itu isinya syerem-syerem. Full of sihir, mejik dan kekejaman.

Ah, siapa bilang? Memang ada sih, dongeng nusantara yang begitu. Tapi kan, tidak semua buku dongeng nusantara/cerita rakyat yang beredar di pasaran, memuat cerita seperti itu?

Contohnya, buku saya ini dong *iklan*






Saya kok, malah senang ya jika anak-anak mengenal dongeng negerinya sendiri. Begitu buanyaaaak dongeng nusantara yang berisi ajaran kebajikan.
Memang, beberapa dongeng memakai bumbu mejik untuk penyedap cerita. Supaya ceritanya seru ... namun lihatlah pesan moral yang diangkat dongeng tersebut. Jangan ngeliat mejiknya :))

Nah, itulah tugas orangtua untuk mendampingi anak. Jangan malas, Pak dan Bu.
Jangan ngomong, "Kita orangtua kan nggak bisa ndampingi anak terus,"

Idih ... no comment deh saya kalau ada yang ngomong gitu.

Mau tahu apa saja contoh nilai kebajikan yang bisa kita dapatkan di cerita rakyat Indonesia?

1.  Kesuksesan, tidak bisa diraih dengan cara instan - Roro Jonggrang
2.  Menepati janji - Terjadinya Danau Toba
3.  Menghormati dan menyayangi orangtua - banyak nih cerita yang mengajarkan ini
4.  Jangan serakah - Semangka Emas
5.  Berhati-hati dengan ucapanmu, karena ucapan adalah doa - Puteri Ular
6.  Jangan menilai orang dari fisiknya saja. Usaha, kerja keras, dan doa bisa menjadikan seseorang sukses - Bujang Katak
7.  Berhati-hati dalam mengambil keputusan. Sesal kemudian tak berguna - Legenda Pulau Kemaro
8.  Jadilah orang yang pemurah, dan jangan suka iri pada orang lain - Si Bungsu
9.  Setiap masalah ada jalan keluarnya. Tenang, dan jangan panik - Buaya Perompak
10. Bersikaplah tegas, jangan mudah bimbang sana bimbang sini - Si Lebai

Nah, ini hanya 10 saja. Sebenarnya masih banyaaak nilai kebajikan yang bisa kita dapatkan dari cerita rakyat Indonesia.

Jadi, tunggu apa lagi? Bacakan cerita rakyat Indonesia pada anak-anak kita. Sekali dayung, dua tiga pulau terlalui.
Anak jadi mengenal budaya nenek moyangnya, sekaligus mendapatkan nilai kebajikan yang luhur ^^







6 komentar:

  1. terima kasih sudah berbagi, mbak Dian

    BalasHapus
  2. Makasih sharingnya ya, Ce :)

    BalasHapus
  3. Wah bener tuh mba,aku setuju banget,klo cerita rakyat nusantara perlu kita kenalkan ke anak2 kita.Karena bagaimanapun merupakan warisan budaya bangsa yg harus teus dilestarikan sebagai aset bangsa.
    Btw bukunya keren banget mba,makasih ya. Terus berkarya ya mba.

    BalasHapus
  4. mukacasino.com
    terima kasih ya min udh mau sharing.. :)

    BalasHapus

Happy blogwalking, my dear friends ^^