Rabu, 04 November 2015

Warna-warni para penulis di FBF 2015

Frankfurt Book Fair alias FBF 2015 telah usai.
Hingar bingar euforia Indonesia sebagai guest of honor pun usai.

Saya, yang dianugerahi kesempatan oleh Allah untuk melongok kemeriahan FBF, sungguh bersyukur bisa menginjakkan kaki ke pameran buku terbesar ini.

Saya bersyukur, di arena itu saya bertemu dengan para penulis terkenal, yang membuat saya belajar banyak tentang attitude penulis.
Ya, attitude penulis ... utamanya penulis yang udah terkenal dan mendunia ^^
Diam-diam, saya belajar banyak dari attitude mereka.

Pertama-tama, saya ketemu dengan Donny Dhirgantoro 5 cm di Soeta.
Beliau, "dititipkan" ke rombongan BIP dan tidak berangkat bersama tim Grasindo. Pertamanya, saya tidak tahu siapa beliau.
Beliau juga duduk santai di meja sebelah, sambil ngebuka bungkus rokok yang hendak dibawanya ke Jerman hihi.

Setelah saya tanya ke Bu Noni (BIP) eh saya baru ngeh kalau dia ini Donny yang termahsyur.

Tingkah lakunya nggak nunjukin kalau dia "eh gua terkenal lho kok kamu gak nyapa gua sih". Biasa aja, sibuk dengan bungkus rokoknya haha.

Akhirnya, saya pun minta foto bareng dia. Ya iyalah, penulis best seller gitu lho. Rugi banget kalo gak sampe foto bareng hihihi. Dan, Mas Donny menanggapinya dengan sangat baik.

Selama di Frankfurt pun, kami beberapa kali ketemu di lobi dan dia sangat "biasa" aja.  Bahkan di suatu malam, saat saya beli kentang ke stasiun, saya sempet ngobrol panjang dengannya sambil makan kentang.

Di situ saya belajar banyak dari dia, bahwa jadi penulis itu harus menghargai dirinya sendiri. Penulis, nggak usah pamer kemenderitaan hidup di socmed.
Nah, saya setuju banget tuh.
Dan beliau berpesan, niatkan setiap tulisanmu untuk membawa manfaat bagi sesama. Kalo bermanfaat, orang suka. Dan biasanya reward berupa materi akan datang sendiri.
Setujuuuuu pake buanget!
Dari beliau, saya belajar bagaimana harus bertingkah laku di socmed. 

Selain Donny, saya sempat ngobrol dengan Ahmad Fuadi yang masya Allah, ramah dan santun.
Beliau mauuuu aja diajak foto bolak balik sampe elek hihihi.
Padahal, beliau kan penulis super duper terkenal?
Ah, dari beliau saya belajar keramahan dan kerendahan hati seorang penulis.

Lalu, ada juga Ika Natassa. Pertama kali, bayanganku nih, Ika Natassa itu orangnya cuek. Ternyata oh ternyata ... rame grapyak dan becanda melulu.
Dari beliau, saya belajar  bahwa jadi penulis tuh yang asik-asik gini deh. Dijamin, orang betah deket dengannya :p
Akrab dengan pembaca, itu penting buanget!

Juga Andrea Hirata yang gak sengaja ketemu di hall 5. Saya menyapa dia, dan dia merespon baik. Tapi lalu ada teman dia menyapa, dan Andrea menyambutnya dengan akrab dan berpelukan. Saya tercuekkan, tapi Andrea dengan cepat menyadari dan segera kembali ke saya.
Beliau langsung minta temannya untuk fotokan kami, dan saya disuruh bawa bukunya. Dia juga mendoakan saya agar buku2 saya bisa selaris buku dia. Aamiin!

Begitulah ... sebenarnya masih ada penulis-penulis lain, yang saya gak sempat ngobrol tapi saya sempat foto bersama mereka.

Oya, apa semua baik-baik?

Ngg ... nggak juga.
Setidaknya, saya ketemu dua penulis yang subhanallah bikin saya ngelus dada.

Yang pertama, penilaian saya mah subjektif banget nih. Dia tidak berdiri dari kursi ketika saya menyalami dan memperkenalkan diri. Trus, dia juga tidak merespon apapun yang saya ucapkan dan tanyakan, kecuali "oh, hmm, ya".
Senyum pun tidak ...
Dari beliau, saya belajar bahwa secapek apapun seorang penulis, jika fans menghampiri, mbok ya o senyum dikit meski fake.

Yang kedua. Penulis yang barusan saya googling wajahnya, ternyata terkenal hahaha.
Sikapnya memang bak artis. Duduk mejeng sambil foto-foto dan sempet kesel ke saya (lewat pandangan matanya) ketika saat dia mau foto, saya cuek lewat di depannya untuk nganter tamu duduk di kursi.
Lalu, dia lewat di depan saya, sambil mengambil meraup permen penuuuuh setangkup tangannya (yang mustinya untuk pengunjung) sambil bilang "Aku ambil banyak ya!"
Dari beliau saya belajar, bahwa nggak semua orang kenal kita meski kita terkenal buanget. Buktinya, saya gak kenal dia dan baru tau namanya setelah saya googling wajahnya. Jadi, jangan anggap semua orang akan terkencing-kencing pada kita karena kita super terkenal :)
Dan, dari beliau saya belajar, musti mengendalikan diri ketika ambil barang gratisan di muka umum.

Nah, dari para penulis itu saya belajar attitude. Baik yang bersikap nice, maupun bersikap kurang nice. Semuanya bisa memberi pelajaran buat saya.

Selain mereka-mereka yang saya sebut, banyak juga orang terkenal yang ramah. Contohnya Pak Bondan mak nyus, Om William Wongso, juga Bu Sisca.

Bahkan, Bu Murti Bunanta si maestro buku anak yang saya dengar orangnya "tegas" pun, ketika saya ajak foto dan kenalan, bersikap ramah dan welcome.

Juga Eka Kurniawan yang konon pendiam, ketika saya sapa juga menanggapi dengan baik (setengah heran melihat saya nyerocos ngaku-ngaku sebagai kakak kelasnya).
Meski pendiam, Eka merespon semua ucapan saya dengan jawaban yang santun. Bahkan, sempat melontarkan sedikit "gosip" tentang teman-teman Filsafat UGM yang kami kenal.

Jadi, kesimpulannya: kesan pertama itu penting. Meski kita jutek, galak, acuh, cuek atau apalah apalah, kesan pertama haruslah baik.
Bagaimanapun, tak ada penulis jika tak ada pembaca. Setuju, kan?

Yuk para penulis, jaga sikap jaga hubungan baik dengan semuanya ^^

Terimakasih pada para penulis terkenal itu yang telah memberi saya pelajaran berharga.









6 komentar:

  1. Wah, keren banget bisa ketemu penulis-penulis termahsyur. :D Jadi penasaran sama penulis yang ngambil permen banyak itu.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya akhamdulillah berkah dari Gusti bisa ketemu orang2 hebat :)

      Hapus
  2. itulah isi dunia ya mbak DIan :) semua mewarnai hidup kita, beruntungnya mbak Dian bisa belajar dari semua :)

    BalasHapus
  3. Betuul, semuanya dua sisi ya Lia ^^

    BalasHapus
  4. Pelajaran hidup yang bermanfaat, terimakasih sharingnya mba Dian.

    BalasHapus

Happy blogwalking, my dear friends ^^